Thursday, May 8, 2014

WORKSHOP PEMBANGUNAN IPTV SEKOLAH DAN SISTEM VIDEO CALL BERBASIS SPEN SOURCE

Perkembangan Kurukulum 2013 untuk SMK Program Keterampialn TKJ Teknik Komputer Jaringan yaitu dengan masuknya Administrasi Server Media Streaming dan Sistem VOIP dalam sistem pengajaran tentunya harus segera disikapi baik oleh para pemerhati pendidikan terutama para parktisi dibidang pengebangan teknologi komputer.
Keberadaan dua materi pada Kurikulum 2013 tersebut mendasari IMPP ( Ikatan Mahasiswa Pelajar Pemalang ) Jakarta untuk menyelenggarakan kegiatan Workshop pembangunan IPTV sekolah dan sistem Video Call Sekolah , dengan bekerjsama dengan pihak pengembang aplikasi Berbasis Open Source , IMPP akan melakukan pelaksanaan Workshop di wilayah kabupaten Pemalang.
Pelaksanaan Workshop Pembangunan IPTV Sekolah dan sistem Video Call Sekolah dengan basis Open Source ini akan dilaksanakan selama 3 hari atau selama 30 jam  pertemuan bagi para siswa-siswi SMK Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan ( TKJ ) di wilayah Kabupaten Pemalang.
Pelaksanaan worskshop ini bersifat Free (gratis) dengan tidak mendapat sertifikat workshop dan setiap kelompok yang mengikuti kegiatan ini membawa perlengkapan yang dibutuhkan sesuai aturan yang diberlakukan dalam workshop yang akan diselenggarakan.

Maksud diselenggarakannya kegiatan Workshop Pembangunan IPTV Sekolah dan Video Call Sekolah bagi siswa-siswi SMK Bidang keahlian Teknik Komputer Jaringan Se-Kabupaten Pemalang adalah memberikan pengetahuan praktis tentang pembangunan sistem Televisi digital berbasis IP dan dan Video Call yang tercantum dalam silabus kurikulum 2013.
Tujuan Workshop Pembangunan IPTV Sekolah dan Video Call Sekolah bagi siswa-siswi SMK TKJ  Se-Kabupaten Pemalang adalah :
1.   Memberikan pengetahuan Praktis pembangunan layanan IPTV Sekolah yaitu televisi digital berbasis IP untuk edukasi dan pembelajaran di Sekolah dalam jaringan lingkup terbatas.
2.   Memberikan pengetahuan  praktis pembangunan layanan Video Call Sekolah  yang dapat dipergunakan sebagai media komunikasi antara siswa-siswi dalam lingkup sekolah dengan menggunakan jaringan Hotspot ( WIFI ) sekolah.
3.   Memberikan Pengetahuan Tentang Codec Video dan Audio dan Protokol Pendistribusian Streaming Video Audio berbasis IP .
4.   Memberikan  Pengetahuan dan Pembangunan Layanan Distribusi Streaming dengan Menggunakan aplikasi open Source Red 5
5.   Memberikan Pengetahun dan Pembangunan layanan Distribusi Streaming dengan menggunakan aplikasi NasrulMedia berbasis Operasi Sistem Linux.
6.   Dapat Membangun layanan Televisi Streaming dalam lingkup terbatas dengan Konten Live dan on demand dengan menggunakan aplikasi open source FFMPEG dan VLC
7.    Dapat Membangun layanan Video Call dalam Lingkup Jaringan Terbatas Lingkukan Sekolah dengan menggunakan aplikasi Open Source OpenSIP yaitu Kamailio SIP.  Dan aplikasi Client Berbasis Android.
PELAKSANAAN

Kegiatan Workshop Pembangunan IPTV Sekolah dan Video Call Sekolah bagi Siswa-siswi SMK TKJ Se Kabupaten Pemalang akan dilaksanakan pada :
Hari, Tanggal : Kamis s.d. Sabtu , 19 s.d 21 Juni 2014
Tempat          : Disesuaikan
Peserta          : Siswa-siswi SMK TKJ Se Kabupaten Pemalang
Biaya             : Free (No Sertifikat) / 10.000 (Sertifikat & Marcendise)

PERALATAN  DAN  KEBUTUHAN
Agar target kegiatan ini mencapai hasil secara maksimal  maka peserta yang berasal dari tiap SMK TKJ di pemalang diharapkan membawa perlengkapan sebagai berikut :


1.            1 unit PC Desktop 64 Bit , minimal Memory 2 Gb.
2.            1 Unit Monitor.
3.            1 Unit Laptop ( Note Book ) .
4.            1 Unit Akses Point.
5.            Kabel UTP dan Conector RJ45 secukupnya.
6.            Modem Koneksi Internet.
Pada kegiatan yang akan dilaksanakan ini secara penuh Operasi Sistem yang akan digunakan adalah menggunakan Operasi Sistem Linux yaitu :
1.            Distro Debian 64 Bit
2.            Distro Ubuntu 32 dan 64 Bit 
3.            Untuk yang tidak punya OS linux bisa diinstall dilokasi



PELATIH DAN PELAKSANA

Kegiatan ini dilaksanakan sepenuhnya oleh IMPP ( Ikatan Mahasiswa Pelajar Pemalang ) Jakarta bekerjasama dengan SMK Bidang Keahlian TKJ Se Kabupaten Pemalang, dengan tenaga Instruktur Workshop adalah praktisi didbidang pengembangan Teknologi IPTV dan Video Call berbasis Open source yaitu Team NasrulMedia ( http://www.nasrulmedia.com ) yang telah menjadi pelatih dibeberapa kegiatan pengembangan IPTV sekolah dan  Video Call Sekolah diwilayah Jawa Barat diantaranya adalah pembangunan Prototype IPTV sekolah di SMK Negeri Rajapolah Tasikmalaya sekaligus pengembang aplikasi Televisi Digital Pemalang TV.


 

0 komentar:

Post a Comment