Sunday, April 10, 2022

Ramadhan dan Silaturahmi Sebagai Support System

Silaturahmi Ramadhan ini sebagai wujud rihlah untuk menghubungkan manusia satu dengan manusia lain, apalagi setelah sekian lamanya kita sulit dipertemukan karena keadaan Pandemi Covid 19. Silaturahmi sendiri memiliki peran penting bagi saya dimana dengan silaturahmi seperti hadist-hadist yang tersebar bahwa silaturahmi itu membukakan rezeki dan memperpanjang umur.

Foto saat silaturahmi di Cirendeu, Ciputat Maaf ada yg tertutup tangan
Kang Birin
Jadi ceritanya kemarin Kang Birin saudara saya yang di Citereup, bogor nganterin adik saya ke kosan saya di Ciputat. Kebetulan adik saya juga nganterin anaknya kang Birin (Husna) ke Citereup sekaligus dia juga mau silaturahmi juga ke pesantrennya di daerah Parung, yg memang deket dari sini (Ciputat).

Sedikit cerita soal Kang birin (foto paling kanan) ini  merupakan orang yang paling berjasa buat saya, sangat-sangat berjasa. Dulu saya inget ketika masih aliyah di salah satu pesantren di Pekalongan. Beberapa bulan sy belum bayar sekolah krn memang ya orang tua bukan orang punya, cuman guru ngaji sederhana di kampung tiba2 kang birin nanyain "koe butuh duit piro ngo lunasi sekolah?" Artinya kamu butuh uang berapa buat bayar sekolah? Dan kalo ngak salah saya nunggak sekitar setengah jutaan. Alhamdulillahnya saya bilang nominal, langsung dikasih lunas sama beliau tanpa nanya macem-macem.

Pernah juga waktu kuliah semester 4, saya pernah mau ngutang saudara yg deket di tempat tinggal buat bayar kuliah dulu biaya kuliah 2jt persemester. Saat itu gak dikasih, wal hasil saya silaturahmi ke kang birin dan curhat masalah itu. Ngak banyak tanya apa-apa saya kasih duit buat bayar kuliah.

Btw kang birin ini bukan pengusaha besar, tp jasanya sangan besar bagi saya. Dia ini cuman pedagang pasar biasa, sering rekoso. Tapi kalo buat kebutuhan pendidikan tanpa ba bi bu, kang birin ini selalu bantu dan support.

Bersyukur sekali saya menjadi bagian keluarga seperti ini. Keluarga yang selalu support system bagi saudara lainnya yang masih dalam fase kekurangan seperti yang saya alami. Saya sendiri typikal orang yang tidak akan lupa baik itu kebaikan maupun keburukan seseorang. Apalagi ini yang dilakukan kang birin dan keluarga adalah hal baik yang saat itu tidak ada titik temu penyelesaianya saat itu juga, akan terus saya inget. Bahwa beliau adalah salah satu orang yang sangat berjasa dalam masa-masa belajar saya. Semoga sya bisa membalas kebaikan dan budi baik kang Birin dan keluarga.

Saya buat tulisan ini sebagai sarana pengingat dan silaturahmi dalam bentuk tulisan untuk selalu menjaga hubungan dari jarak jauh yang tidak lekang oleh waktu dan sebagai wujud/bentuk tidak melupakan jasa-jasa kang Birin.

Btw ini acara kemarin pas silaturahmi ke rumah mas Chozin, keluarga bani drais, Tegalontar, Sragi Pekalongan.

0 komentar:

Post a Comment